<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Menentukan Hari Baik Pernikahan Menurut Penanggalan Jawa

Menentukan Hari Baik Pernikahan Menurut Penanggalan Jawa

Pada pernikahan adat Jawa, menentukan hari baik pernikahan adalah hal yang penting dilakukan. Budaya Jawa memiliki kalender penanggalan jawa yang mana tanggal baik ditentukan dari banyak faktor. 

Menentukan hari baik pernikahan menurut penanggalan jawa dilakukan oleh seseorang yang paham akan hitungan weton atau anggota keluarga yang dituakan. Hal ini dipercaya karena berpengaruh pada kehidupan setelah pernikahan calon kedua mempelai dalam memasuki bahtera rumah tangga yang baru.

Bagi budaya jawa melakukan tradisi penentuan tanggal weton tidak dianggap sebagai sebuah mitos pernikahan saja, tetapi sebagai bentuk penghormatan kepada budaya leluhur dan juga pelestarian budaya keluarga. Namun jika kamu termasuk calon pengantin yang ngga mau ribet dengan tradisi ini karena menganggap semua hari itu baik, maka tinggal dicocokan saja dengan bulan dan tanggal yang kira – kira cocok dengan keinginan.

Walaupun pada dasarnya semua hari baik, tetap saja untuk beberapa keluarga penentuan ini sangat penting. Biasanya para orangtua atau sesepuh akan turut andil dalam menyarankan hari yang baik dan menentukan segala prosesi. Kalau sudah begini banyak pasangan yang lebih mengikuti saja walaupun tradisi ini sebenarnya tidak menjadi suatu kewajiban yang harus dijalani oleh setiap calon pengantin, karena sebenarnya semua tanggal, hari, dan bulan itu baik.

Diluar semua yang berkaitan dengan budaya dan filosofi penentuan tanggal baik, tetap diperlukan pertimbangan dalam penentuan tanggal yang baik dengan memperhatikan beberapa hal, misalnya : Bulan penghujan atau tidak, termasuk hari libur nasional atau tidak, dan apakah hari tersebut tidak berbarengan dengan momen penting keluarga yang menyulitkan pihak keluarga untuk hadir.

Memperhatikan hal – hal diatas bisa membuat kamu lebih maksimal dalam merencanakan sebuah hari bahagia. Karena setiap calon pengantin pastinya menginginkan sebuah pernikahan yang tidak hanya lancar terlaksana, namun dihadiri oleh banyak orang-orang terkasih yang turut mendoakan agar mendapat berkah dan kebahagiaan.

© 2020 All Rights Reserved Satria Organizer - Wedding Organizer & Paket Pernikahan Jogja. Website by jogjamediaweb