<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Isi Seserahan Pernikahan yang Perlu Dipersiapkan Apa Aja Sih?...

Isi Seserahan Pernikahan yang Perlu Dipersiapkan Apa Aja Sih?...

Di Indonesia ada satu prosesi yang harus ada menjelang acara pernikahan yaitu pemberian hantaran seserahan pernikahan, atau kalau dalam adat Jawa disebut Pasrahan yaitu prosesi dimana keluarga mempelai wanita memasrahkan si mempelai wanita kepada mempelai pria. Hantaran ini umumnya diberikan dari pihak keluarga mempelai pria untuk keluarga mempelai wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya tidak ada ketentuan wajib. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada beberapa tradisi seperti tradisi Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil mulai dari 5, 7, 9, 11 dan seterusnya.

Apa saja isi seserahannya?

1. Perlengkapan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria biasanya selalu menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol bimbingannya kelak kepada sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

2. Perlengkapan Mandi

Biasanya untuk perlengkapan mandi ini berupa sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

3. Perlengkapan Makeup

Nah selain perlengkapan mandi dan produk perawatan tubuh, isi seserahan yang satu ini juga biasanya sangat diharapkan oleh para wanita untuk tidak boleh ditinggalkan sebagai salah satu isi seserahan. Untuk perlengkapan yang satu ini biarkan para wanita yang memilihnya. Karena selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham,  biasanya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan.

4. Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear,  lingerie dan juga  baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih cantik.

5. Seperangkat Perhiasan

Seserahan berupa perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Akan tetapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama sesuai dengan budget kalian . Jika sang wanita menginginkan, dan pihak pria bisa menyanggupi maka hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberikan.

6. Sandang atau Pakaian

Set pakaian biasanya berupa pakaian tradisional seperti kebaya dan kain. Namun, kalian dapat menggantinya dengan dress, setelan kemeja bahkan pakaian kerja.

7. Makanan & Buah-buahan

Dalam adat Jawa biasanya makanan tradisional berbahan dasar ketan seperti wajik, jenang, kue lapis serta lupis wajib ditambahkan dalam isi kotak seserahan. Makanan ini menyimbolkan harapan atau doa agar kelak kedua mempelai lengket satu sama lain, layaknya kue dari ketan yang lengket. Dan untuk beberapa tradisi budaya lainnya misalnya adat betawi wajib menyiapkan roti buaya dan juga ada beberapa tradisi yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis. Selain makanan atau kue pemberian buah memiliki makna agar pernikahan yang dijalani akan berbuah kebaikan bagi keluarga dan sekitarnya.

 

 

© 2020 All Rights Reserved Satria Organizer - Wedding Organizer & Paket Pernikahan Jogja. Website by jogjamediaweb