<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Masih Bingung Urutan dalam Prosesi Lamaran? Berikut Penjelasannya!

Masih Bingung  Urutan dalam  Prosesi Lamaran? Berikut Penjelasannya!

Urutan Prosesi Lamaran

            Dalam proses lamaran,ada urutan-urutan prosesi lamaran yang harus diperhatikan agar acara lamaran anda dapat berjalan dengan khidmat dan berkesan.Yuk, simak urutan-urutan dalam prosesi lamaran :

  1. Kedatangan keluarga calon mempelai laki-laki

Untuk serangkaian prosesi lamaran yang pertama kali harus dilakukan adalah keluarga serta calon mempelai laki-laki datang ke rumah calon mempelai perempuan. Calon mempelai laki-laki datang beserta keluarga besar dan biasanya didampingi rombongan seperti tetangga dan kerabat membawa seserahan untuk melamar calon mempelai perempuan.Dari pihak keluarga mempelai perempuan akan menyambut dengan hangat kedatangan rombongan dari calon mempelai laki-laki. Setelah itu rombongan dari calon mempelai laki-laki akan dipersilahkan masuk ke tempat dimana acara lamaran akan berlangsung.

  1. Pembukaan Lamaran

Acara pembukaan lamaran ini biasanya akan dipimpin oleh MC. Untuk MC biasanya dipilih dari keluarga calon mempelai perempuan atau siapa saja yang ditunjuk oleh keluarga calon mempelai perempuan.MC pertama-tama akan menyambut kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki dengan mengucapkan selamat datang. Selayaknya MC pada umumnya yang selanjutnya dilakukan setelah menyambut kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki adalah membacakan susunan acara.Setelah itu MC akan menanyakan maksud dan tujuan dari rombongan calon mempelai laki-laki dan mempersilahkannya untuk menjawab.

  1. Penyampaian maksud dan tujuan

Penyampaian maksud dan tujuan atas kedatangan rombongan keluarga dari calon mempelai laki-laki ini bisa dikatakan sebagai inti dari acara lamaran. Salah satu perwakilan dari keluarga calon mempelai laki-laki akan menyampaikan lamarannya kepada pihak calon mempelai perempuan. Setelah itu akan langsung menanyakan kesediaan dari keluarga calon mempelai perempuan untuk menikahkan putra putrinya.

  1. Pemberian jawaban dari calon mempelai wanita

Pada sesi ini MC akan mempersilahkan perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan memberikan jawaban atas lamaran dari calon mempelai laki-laki. Perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan akan menyambut baik lamaran dari calon mempelai laki-laki.

  1. Penyerahan seserahan

Setelah lamaran dari calon mempelai laki-laki resmi diterima oleh calon mempelai perempuan maka agenda selanjutnya adalah penyerahan seserahan kepada keluarga calon mempelai perempuan. Seserahan juga bisa diartikan secara simbolis seperti menyimbolkan tentang keseriusan dari pihak pelamar.

  1. Bertukar Cincin

Acara tukar cincin biasanya hanya sebagai simbolis dan tidak wajib untuk dilakukan pada tahapan tahapan lamaran.  Kalau pun ada prosesinya biasanya dilakukan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Dilanjutkan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai perempuan kepada calon mempelai laki-laki.

  1. Perkenalan antar anggota keluarga dari calon mempelai

Untuk sesi yang satu ini bisa dianggap sebagai sesi santai seperti agenda ramah tamah antar keluarga. Masing-masing keluarga calon mempelai memperkenalkan diri satu per satu untuk menambah keakraban antar keluarga. Maksud dari sesi ini pun juga untuk mempererat hubungan dan keakraban antar keluarga dengan perkenalan dan berbincang-bincang.

  1. Penutupan

Selayaknya agenda agenda pada umumnya sesi penutupan ini merupakan ujung dari acara lamaran yang dilakukan oleh calon mempelai laki-laki. Pada sesi ini dilakukan penutupan acara serta pembacaan doa untuk kelancaran pernikahan yang akan berlangsung. Setelah itu akan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan makan bersama.

  1. Balasan dari pihak mempelai perempuan

        Setelah semua sesi selesai dilakukan mulai dari pembukaan sampai penutupan maka sesi yang terakhir dilakukan adalah keluarga          dari calon mempelai perempuan akan memberi balasan seserahan kepada keluarga calon mempelai laki-laki. Proses lamaran pun            bisa dikatakan selesai dengan terlaksananya semua sesi

© 2022 All Rights Reserved Satria Organizer - Wedding Organizer & Paket Pernikahan Jogja. Website by jogjamediaweb